28 Oktober Memperingati Hari Sumpah Pemuda.

Oktober 28, 2023

 

PORTAL LPLH NUSANTARA - Sumpah Pemuda dan Apa Dampaknya Terhadap Bangsa Indonesia, Sabtu (28/10/2023).


Sumpah Pemuda merupakan hari lahirnya identitas Indonesia. Di situlah dinyatakan bahwa kita berbangsa Indonesia, bertanah air Indonesia dan menjunjung tinggi Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan.


Sumpah Pemuda ini merupakan kesepakatan awal untuk membentuk sebuah negara baru dan memperjuangkan kemerdekaan negara tersebut.



Buat yang bertanya, apa pentingnya nama Indonesia atau identitas Indonesia ini, berikut penjelasan dari salah satu Bapak Pendiri Bangsa ini, M. Hatta:

"Bagi kami orang Indonesia, nama Indonesia mempunyai arti politik dan menyatakan suatu tujuan politik. Dalam arti politik, karena ia mengandung tuntutan kemerdekaan, bukan kemerdekaan Hindia-Belanda, melainkan kemerdekaan Indonesia..... Bagi kami Indonesia menyatakan suatu tujuan politik, karena ia melambangkan dan mencita-citakan suatu Tanah Air di masa depan dan untuk mewujudkan tiap orang Indonesia akan berusaha dengan segala tenaga dan kemampuannya."



Saya rasa para leluhur kita, para pendahulu kita, para pemuda dari seluruh pelosok Nusantara pada 94 tahun lalu, bertemu dan berkumpul menyatakan tiga pengakuan itu dengan tegas dan sungguh-sungguh, itu adalah pernyataan sumpah atau ikrar yang monumental. Karena semenjak peristiwa itu, pergerakan politik Indonesia semakin solid dan hidup dengan banyak tokoh-tokoh pemuda dari berbagai latar belakang, dan pergerakan politik Indonesia terus melaju hingga jaman Jepang hingga Proklamasi Kemerdekaan.


Sebenarnya tidak perlu kata-kata atau frase kami bersumpah, atau demi Allah, demi Tuhan seperti layaknya di pengadilan. Karena pernyataan pengakuan itu didasari dari lubuk hati nurani mereka, demi terbentuknya Indonesia yang bebas merdeka, dan kita sebagai generasi penerusnya harus mengapresiasi tekad dan ikrar suci para leluhur kita. Dan buktinya tekad dan ikrar suci para leluhur kita direstui oleh Yang Maha Kuasa, sejak Sumpah Pemuda tahun 1928, negeri kita Indonesia merdeka!

(Team - LPLH Provinsi Sumsel)


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »