NEGARA YANG JARANG DIBERITAKAN MEDIA?

September 26, 2023
Sebenarnya lumayan cukup banyak dari sekian banyaknya negara, ini akan menjawab dua negara yang paling jarang didengar atau tidak pernah menampilkan informasi atau sorotan dari media. Yang satu di benua Afrika dan yang satu lagi berada di benua Amerika.

Nama negaranya adalah São Tomé dan Príncipe. Mungkin banyak dari kalian yang sebelumnya tidak pernah mendengar nama negara yang satu ini. Bagaimana tidak, negara ini jarang sekali diberitakan oleh media karena tidak ada berita sensasional dan heboh. Saya sendiri saja seumur hidup tidak pernah menemukan adanya berita mengenai negara ini di feed sosial media saya.

Dengan banyaknya orang yang tidak pernah mendengar negara ini, ada baiknya saya menjelaskan secara singkat tentang negara ini.
(Lokasi Sao Tome dan Pricipe)

Sao Tome dan Principe adalah sebuah kepulauan yang terletak di benua Afrika dan dilewati oleh garis khatulistiwa. Terdapat dua pulau utama yaitu Sao Tome dan Principe. Negara ini merupakan negara bekas jajahan Portugis selama hampir 500 tahun. Statusnya sebagai jajahan Portugis membuat bahasa Portugis menjadi bahasa resmi negara kecil ini.

Berikut ini adalah fakta-fakta mengenai Sao Tome dan Principe:

1. Negara ini adalah negara kedua di Afrika dengan jumlah penduduk paling sedikit. Penduduknya hanya berjumlah 219.161 orang dan Seychelles sendiri memiliki jumlah penduduk sebanyak 98.462 orang.

2. Sebelum dijajah Portugis, pulau ini tidak dihuni oleh manusia. Barulah ketika Portugis "menemukan" pulau ini pada tahun 1470, pulau ini mulai dihuni.

3. Awalnya, Portugis menjadikan tempat ini sebagai tempat budidaya tebu. Nantinya ada tanaman lainnya yang dibudidayakan di Sao Tome dan Principe seperti Kakao.

4. Kebanyakan penduduk Sao Tome dan Principe merupakan keturunan budak. Sebagian besar budak dibawa dari Angola dan ada juga yang dari Afrika Barat.

5. Pada tahun 1913, Sao Tome dan Principe dinobatkan sebagai produser kakao terbesar di dunia. Dari situlah Sao Tome dan Principe mendapatkan julukan pulau cokelat.

6. Sebagian kecil dari penduduk Sao Tome memiliki darah blasteran Afrika dan Portugis. Nenek moyang mereka dahulu menikah dengan orang Portugis ketika mereka menjadi orang bebas.

7. Tidak banyak turis yang berkunjung ke Sao Tome dan Principe. Pada tahun 2016, hanya ada 26.000 turis yang berkunjung ke Sao Tome dan Principe. Dari jumlah turis yang ada, Sao Tome dan Principe dijadikan sebagai negara dengan jumlah turis paling sedikit di benua Afrika.

8. Pada tahun 1919, terjadi gerhana matahari di Pulau Principe. Salah satu ilmuwan asal Inggris bernama Arthur Eddington berkunjung ke Principe untuk membuktikan teori relativitas Einstein. Dari gerhana matahari yang berlangsung 6 Menit 51 detik, teori relativitas terbukti.

Ini adalah foto-foto dari negara Sao Tome dan Principe:
Pico Sao Tome, gunung tertinggi di Sao Tome dan Principe.
Tugu Khatulistiwa di Pulau Rolas.
Suasana ibu kota Sao Tome dan Principe, Sao Tome.
Pantai Banana, Principe.
Pekerja memilih biji kakao di Sao Tome dan Principe.


Sama seperti Sao Tome dan Principe, negara ini jarang mendapatkan perhatian dari media. Sejauh ini, saya belum pernah menemukan berita di sosial media mengenai negara ini.

Letak Saint Lucia

Terletak di Karibia, negara ini merupakan negara pulau yang dahulunya pernah dijajah oleh Inggris dan Prancis. Dengan begitu, bahasa Inggris dijadikan sebagai bahasa resmi negara kecil ini.

Berikut ini adalah fakta-fakta mengenai negara Saint Lucia:

- Populasi negara ini berjumlah 183.629 orang.

- Negara ini hanyalah satu-satunya negara di dunia yang dinamai dari seorang wanita. Nama negara itu sendiri berasal dari seorang martir Kristen wanita bernama Santa Lucia dari Sirakusa. Diduga ide penamaan pulau ini berasal dari seorang kru kapal yang kapalnya karam di Pulau Saint Lucia pada Hari Raya Santo Lucia (13 Desember).

- Saint Lucia memiliki gunung berapi bernama Sulphur Springs. Keunikan dari gunung berapi ini ialah kamu bisa mengendarai mobil dengan aman dalam mengelilingi gunung berapi dan ini cuma satu-satunya gunung berapi yang ada seperti itu di dunia.

- Ada sebuah burung yang cuma dapat dijumpai di Saint Lucia yaitu Jacquot atau burung beo Saint Lucia.

- Kebanyakan penduduk Saint Lucia adalah keturunan dari para budak yang dibawa dari Afrika. Mereka dibawa oleh Inggris pada abad ke-18 untuk bekerja di kebun tebu.

- Pisang adalah komoditas ekspor utama dari Saint Lucia.

- Negara Karibia ini merupakan satu dari 14 negara di dunia yang mengakui Taiwan sebagai negara sah dan berdaulat. Di Karibia sendiri terdapat tiga negara yang mengakui Taiwan selain Saint Lucia yaitu Saint Kitts dan Nevis dan Saint Vincent dan Grenadines.

Foto-foto dari negara Saint Lucia:

Sulphur Springs, Saint Lucia.

Burung Beo Saint Lucia.

Castries, ibu kota Saint Lucia.

Benteng Rodney, jejak bajak laut di Karibia abad ke-17 dan 18.

Tempat wisata Saint Lucia.

(*/)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »