Menikmati Gua Selomangleng di Kediri Alternatif Wisata Alam di Jawa Timur.

November 24, 2023

 SEJARAH NUSANTARA

Penulis: Budi Santoso.

Di Kota Kediri ada tempat wisata dengan tema alam. Lokasinya berada di kaki Gunung Klotok, Kecamatan Mojoroto. Namanya adalah Gua Selomangleng. Selain menikmati pemandangan alam, juga melihat peninggalan sejarah.



Saat liburan Lebaran, Gua Selomangleng ini menjadi destinasi wisata yang diminiati. Dari Bundaran Sekartaji, jaraknya sekitar 5,1 kilometer (km). Menggunakan kendaraan sepeda motor dan mobil, hanya memerlukan waktu sekitar 14 menit hingga 19 menit.


Tempat wisata ini ramai pengunjung saat akhir pekan dan hari libur nasional. Pengunjungnya mulai dari daerah Kediri, luar kota bahkan pulau.


(Bagian gua yang merupakan tempat bersemedi)


Jika dilihat dari luar, Gua Selomangleng terlihat seperti hanya terdapat dua ruangan. Namun saat masuk, ternyata ada ruangan lain di dalamnya. Untuk masuk dalam gua, pengunjung terlebih dahulu naik ke tebing. Di dalam gua akan tercium bau wangi dupa dan sesajen.



Gua ini terbentuk dari batu andesit hitam berukuran cukup besar dan tampak menyolok terlihat dari kejauhan. Keunikan dari Gua Selomangleng adalah adanya bongkahan batu yang seolah berserakan dan di antara batu tersebut ada yang dipahat, dan di bagian luar gua ada berbagai relief yang menghiasi.


"Jika ada pahatan awan itu menandakan gua tersebut digunakan," penjelasan dari Juru Kunci Museum Airlangga Kota Kediri (Andi Rahardi)

Dalam catatan sejarah, Gua Selomangleng mulai digunakan sejak permulaan Kerajaan Kadiri/Daha/Panjalu pada abad XI Masehi, Singhosari abad XIII Masehi, dan Majapahit abad XV Masehi yang berfungsi sebagai gua pertapaan, tempat bersemayam para dewa.



Nama Gua Selomangleng ini sendiri diambil dari kata SELO yang berarti batu. Sedangkan MANGLENG sendiri berarti miring. Jadi Selomangleng ini berarti batu yang kedudukannya miring jika dilihat dari permukaan tanah.





Kawasan objek wisata Gua Selomangleng saat ini telah dikembangkan sebagai wisata keluarga. Tiket masuk Gua Selomangleng, yaitu Rp 4.000 untuk satu orang dewasa dan Rp 2.500 untuk anak anak.

Editor: Budi Santoso







Share this

Related Posts

Previous
Next Post »